banner 728x250

Batalin Tiket Kereta Bisa dari HP! Tapi Ada Syaratnya

Foto dok PT KAI

ABNnews – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus mempermudah pelanggan yang ingin membatalkan tiket. Kini, layanan pembatalan bisa dilakukan secara online via aplikasi Access by KAI, atau langsung di 65 stasiun yang telah ditunjuk di seluruh Indonesia.

VP Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan, layanan ini memberi fleksibilitas kepada penumpang sesuai kondisi perjalanan masing-masing.

“Kebanyakan tiket bisa dibatalkan lewat aplikasi. Tapi untuk kasus tertentu, seperti KA Kuala Stabas, Rajabasa, dan Bukit Serelo, pembatalannya tetap harus di loket stasiun,” jelas Anne dalam keterangannya.

Cara Batalin Tiket Kereta Lewat Access by KAI
Berikut syarat pembatalan tiket secara online:
– Maksimal dilakukan 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.
– Kode booking harus berstatus Paid.
– Pemohon adalah penumpang terdaftar di aplikasi Access by KAI.
– Biaya pembatalan 25% dari harga tiket (belum termasuk biaya pemesanan).
– Dana dikembalikan ke rekening atau e-wallet salah satu penumpang.
– Waktu pengembalian: 7 hari kerja.

Namun, pembatalan tidak bisa dilakukan online jika:
– Sudah lewat 2 jam dari jadwal keberangkatan.
– Ada kesalahan input rekening.
– Tiket dari promo khusus.
– Kode booking tidak sinkron.
– Sistem sedang gangguan atau butuh verifikasi data tambahan.

Ini 65 Stasiun yang Layani Pembatalan Manual

Bagi yang mengalami kendala, pembatalan manual tetap bisa dilakukan di 65 stasiun KAI yang tersebar di seluruh wilayah operasional:

Contoh:
– Daop 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bogor Paledang, Bekasi, Cikampek, Cikarang, Sukabumi
– Daop 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan
– Divre I Medan: Medan, Tebing Tinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran, Rantauprapat

Ingat! Salah Input Rekening Bisa Bikin Gagal Refund

KAI mengimbau pelanggan teliti saat memasukkan data rekening. Jika terjadi kesalahan, pembatalan online otomatis gagal dan harus dilanjutkan ke stasiun secara manual.

Untuk info lebih lanjut, pelanggan bisa hubungi Contact Center KAI 121 atau email ke cs@kai.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *