ABNnews – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat pergerakan penumpang yang cukup tinggi selama momen libur panjang dalam rangka Hari Raya Waisak 2025 yang berlangsung sejak Rabu, 8 Mei hingga hari ini, Selasa, 13 Mei 2025.
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, selama periode tersebut,Terhitung sejak Rabu (8/5) hingga Selasa (13/5), sebanyak 444 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) diberangkatkan dari wilayah Daop 1, dengan total 184.737 tiket terjual dan tingkat okupansi mencapai 77 persen.
“Total kapasitas tempat duduk (TD) yang disediakan selama periode tersebut mencapai 240.768 seat, dengan 184.737 tiket telah terjual dan okupansi mencapai 77 persen. Sementara itu, jumlah penumpang yang datang di wilayah Daop 1 Jakarta tercatat sebanyak 182.072 orang (data dapat berubah)” kata Ixfan, Selasa (13/5/2025).
Stasiun Gambir mencatat 228 perjalanan KAJJ dengan kapasitas 101.976 kursi dan tingkat okupansi 60 persen. Di sisi lain, Stasiun Pasar Senen melayani 216 perjalanan dengan kapasitas 138.792 kursi dan okupansi 56 persen.
Untuk hari ini, Selasa (13/5), sebanyak 77 perjalanan KAJJ diberangkatkan dari Daop 1 Jakarta. Dari total kapasitas 41.736 kursi yang tersedia, sebanyak 23.330 tiket telah terjual.
Jumlah penumpang yang tiba di stasiun-stasiun wilayah Daop 1 hari ini mencapai 42.698 orang. Distribusi penumpang hari ini di Stasiun Gambir tercatat 14.691 orang datang, sedangkan di Pasar Senen sebanyak 16.024 orang.
Sementara beberapa stasiun penyangga juga mencatat volume kedatangan, antara lain Stasiun Bekasi (3.840 orang), Jatinegara (1.512), Cikarang (1.004), Cikampek (378), dan Karawang (464).
Puncak keberangkatan selama long weekend terjadi pada Jumat (10/5) dengan 41.816 penumpang, diikuti Kamis (9/5) dengan 39.591 penumpang.
“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan moda transportasi kereta api selama masa libur panjang Waisak. Kami tetap berkomitmen menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Ixfan Hendriwintoko, Humas PT KAI Daop 1 Jakarta.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center 121, situs resmi kai.id, maupun aplikasi Access by KAI.