banner 728x250

Lewat Konsep Next-Gen IT, InJourney Airports Sabet Penghargaan Teknologi Bergengsi

Foto dok InJourney Airports

ABNnews – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menerapkan konsep Next-Gen IT sebagai langkah strategis dalam transformasi digital di bandara.

Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi mengatakan teknologi menjadi kunci penting dalam meningkatkan standar pelayanan dan operasi bandara, karena Teknologi merupakan key enabler dalam pilar Transformai perusahaan.

“Melalui konsep Next-Gen IT, kami ingin bandara-bandara yang dikelola InJourney Airports secara berkelanjutan mengimplementasikan berbagai teknologi terkini yang menjadi best practice di industri kebandarudaraan dunia.”

“Tujuannya, untuk memberikan pengalaman penumpang pesawat saat di bandara secara mulus (Seamless Passanger Journey) serta meningkatkan efektivitas operasional bandara. Selain itu, juga untuk meningkatkan daya saing InJourney Airports sebagai salah satu perusahaan operator bandara terbesar di dunia,” ujar Mohammad R. Pahlevi.

Direktur Strategi & Pengembangan Teknologi InJourney Airports Ferry Kusnowo memaparkan implementasi teknologi modern di perseroan berfokus pada 4 pilar yakni customer experience, operation excellence, talent empowerment dan insight-driven performance.

“Sejalan dengan fokus tersebut, salah satu program berbasis teknologi terkini yang sudah diterapkan InJourney Airports adalah Management Operation Based on Traffic (MOT) di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia,” ujar Ferry Kusnowo.

Lebih lanjut, Ferry Kusnowo menuturkan MOT menggunakan data lalu lintas mencakup arus kendaraan bermotor, lalu lintas pesawat, pergerakan penumpang/barang, sebagai dasar dalam mengoptimalkan, mengendalikan dan mengatur operasional fasilitas di bandara.

“MOT memiliki fitur pemantauan secara langsung (real-time monitoring), kapasitas dalam memberikan proyeksi (predictive capability), memperlancar koordinasi antarunit (seamless coordination) dan memberikan respons yang menyesuaikan kondisi (adaptive response).”

“Ini dapat mendorong efisiensi operasional bandara, optimalisasi sumber daya, sehingga memberikan pengalaman perjalanan terbaik dan nyaman bagi travelers di bandara,” ungkap Ferry Kusnowo.

Adapun secara total, InJourney Airports telah mengimplementasikan 14 inisiatif berbasis teknologi pada pilar customer experience, operation excellence, talent empowerment dan insight-driven performance.

Penghargaan

Menyusul penerapan teknologi terkini yang telah dilakukan, InJourney Airports pada 4 Desember 2025 berhasil meraih 3 penghargaan bergengsi di bidang IT, telco, dan teknologi digital yakni TOP Digital Awards 2025.

Ketiga penghargaan tersebut adalah TOP Digital Implementation 2025 Stars 4 yang diraih InJourney Airports, lalu TOP Leader on Digital Implementation 2025 yang diraih Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi, dan TOP CIO on Digital Implementation 2025 diberikan kepada Direktur Strategi & Pengembangan Teknologi InJourney Airports Ferry Kusnowo.

Penghargaan ini diraih setelah melalui proses penjurian dan berdasarkan keputusan Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel. Adapun dewan juri terdiri dari 27 juri yang berkecimpung di dunia IT, telco dan teknologi digital, dengan berbagai profesi yakni akademi, praktisi, pelaku usaha dan media massa.

“Penghargaan di bidang teknologi ini menandakan transformasi digital InJourney Airports berada di jalur yang benar untuk membawa bandara sebagai wajah kebanggaan bangsa,” jelas Mohammad R. Pahlevi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *