ABNnews- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggandeng Dekranasda Jawa Barat menghadirkan Creative Space KAI x Dekranasda Jabar, ruang kolaborasi untuk mendukung pelaku UMKM agar naik kelas dan menembus pasar yang lebih luas.
“Ini bentuk dukungan KAI terhadap penguatan ekonomi rakyat sekaligus bagian dari misi Asta Cita pemerintah,” kata Executive VP Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, Rabu (30/7/2025).
UMKM yang terlibat merupakan mitra binaan aktif KAI di bidang fesyen dan kerajinan khas daerah. Mereka telah melewati proses kurasi dan pendampingan intensif oleh tim CSR KAI.
Creative Space ini bukan hanya tempat pameran, tapi juga jadi ruang yang menghidupkan cerita usaha, inovasi lokal, dan nilai budaya. Produk yang ditampilkan mencerminkan semangat pelaku UMKM untuk tetap eksis di tengah perubahan zaman.
KAI berharap kehadiran UMKM di ruang publik strategis seperti Dekranasda dapat menarik perhatian pasar, menguatkan loyalitas terhadap produk lokal, dan membangun ekosistem ekonomi yang lebih inklusif.
Selama Semester I 2025, KAI telah menggelontorkan Rp3,05 miliar untuk mendukung pengembangan UMKM. Dari angka itu, Rp800 juta disalurkan langsung sebagai pendanaan, sisanya untuk pelatihan, sertifikasi, akses pasar, hingga pameran.
Program ini menyasar UMKM yang tergabung dalam MiKA (Mitra Binaan KAI). Tercatat 431 pelaku usaha telah mendapatkan manfaatnya, mulai dari peningkatan kompetensi, promosi ke pasar global, hingga perluasan jaringan usaha.
“Kami ingin UMKM Indonesia tidak hanya bertahan, tapi juga terus tumbuh dan berdampak,” tutup Agus.