ABNnews – Minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026 mulai melonjak. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tiga kota masih jadi tujuan favorit, yakni Surabaya, Malang, dan Yogyakarta. Ketiga destinasi itu ramai diburu untuk wisata keluarga, kuliner, hingga jelajah heritage.
Vice President Corporate Communication KAI, Anne Purba, mengatakan tren ini menunjukkan masyarakat semakin memilih moda transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan.
“Surabaya, Malang, dan Yogyakarta selalu menawarkan ragam daya tarik, mulai dari wisata sejarah, alam, hingga kuliner, sehingga menjadi magnet kuat bagi pelanggan pada musim liburan akhir tahun,” kata Anne, Senin (8/12/2025).
Hingga 8 Desember 2025 pukul 08.00 WIB, penjualan tiket periode perjalanan 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 sudah mencapai 1.083.714 tiket, atau 34,87% dari total 3.107.503 kursi yang disiapkan selama masa Nataru. KAI menyebut angka ini masih akan bergerak naik menjelang puncak liburan.
Rute Paling Laris
Untuk kategori kereta subsidi (PSO), lima perjalanan dengan pemesanan tertinggi antara lain:
1. KA 271 Airlangga Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen: 24.078 pelanggan
2. KA 272 Airlangga Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi: 24.049 pelanggan
3. KA 277 Sri Tanjung Ketapang – Lempuyangan: 20.043 pelanggan
4. KA 277 Sri Tanjung Lempuyangan – Ketapang: 19.518 pelanggan
5. KA 281 Bengawan Purwosari – Pasarsenen: 19.485 pelanggan
Sementara untuk kereta komersial, pemesanan tertinggi didominasi perjalanan menuju Malang, Semarang, dan Yogyakarta:
1. KA 245 Majapahit Malang – Pasarsenen: 10.633 pelanggan
2. KA 246 Majapahit Pasarsenen – Malang: 10.558 pelanggan
3. KA 257 Progo Lempuyangan – Pasarsenen: 9.530 pelanggan
4. KA 187 Joglosemarkerto Solo Balapan – Semarang Tawang: 9.406 pelanggan
5. KA 91 Jayabaya Malang – Pasarsenen: 9.127 pelanggan
Selain tiket reguler, program Diskon Tarif Kereta Api untuk KA Ekonomi Kelas Komersial pada periode 22 Desember 2025 hingga 10 Januari 2026 juga ramai peminat. Dari 1.509.080 tiket diskon yang disediakan, sudah terjual 436.697 tiket atau sekitar 29%.
Anne memastikan seluruh layanan disiapkan menghadapi lonjakan penumpang, mulai dari aspek keselamatan, ketepatan waktu, hingga peningkatan fasilitas perjalanan.
“Kami ingin memastikan perjalanan Natal dan Tahun Baru menjadi momen berkumpul yang hangat bagi keluarga Indonesia. Tiket masih tersedia, dan kami mengajak masyarakat untuk segera memesan di Access by KAI agar mendapatkan jadwal sesuai preferensi,” tutup Anne.













