banner 728x250

Sambut Nataru, ASDP Resmikan Layanan Express II di Merak-Bakauheni

Foto dok PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

ABNnews – Menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi memperkuat layanan penyeberangan di rute Merak–Bakauheni dengan mengoperasikan layanan Express II. Layanan ini mulai berjalan Senin (1/12) dan menjadi bagian dari transformasi peningkatan layanan pengguna jasa di masa peak season.

Dengan hadirnya Express II, kini layanan Express tersedia di dua dermaga baik di Merak maupun Bakauheni. Tambahan layanan ini disebut bakal mempersingkat waktu tunggu kendaraan dan meningkatkan kapasitas angkut secara signifikan.

Sebelum resmi beroperasi, ASDP melakukan inspeksi lapangan bersama sejumlah pihak terkait, mulai dari BPTD, KSOP, INFA, GAPASDAP, operator kapal, hingga jajaran manajemen Regional 2 dan Cabang Merak–Bakauheni.

Direktur Operasional dan Transformasi ASDP, Rio Lasse, mengatakan layanan Express II bukan sekadar penambahan dermaga, melainkan penyempurnaan sistem secara menyeluruh.

“Pengoperasian layanan Express melalui dua dermaga bukan hanya soal fasilitas. Ini menyangkut ritme operasional yang lebih stabil, lebih cepat, dan lebih nyaman, terutama menghadapi libur Nataru,” kata Rio.

Dalam skema baru, kendaraan diarahkan ke jalur check-in dan selanjutnya ke dermaga Express I atau Express II mengikuti tiket yang dibeli di aplikasi Ferizy. Layanan perdana Express II mulai beroperasi pukul 12.00 WIB.

General Manager ASDP Cabang Merak, Umar Imran, menyebut alur kendaraan kini dipisahkan agar tak terjadi persilangan jalur yang membuat arus tersendat.

“Seluruh rekayasa lapangan dibuat agar layanan tetap cepat, aman, dan terorganisir. Koordinasi Merak–Bakauheni juga diperkuat agar ritme operasional tetap selaras,” ujar Umar.

Penumpang pejalan kaki juga diarahkan ke jalur Express I atau Express II setelah melakukan check-in di vending machine.

Pengoperasian Express II turut ditandai dengan penandatanganan kerja sama operator kapal pada acara Customer Gathering (20/11). Langkah ini menegaskan bahwa peningkatan layanan bukan hanya inisiatif ASDP, tapi kolaborasi banyak pihak.

Corporate Secretary ASDP, Windy Andale, menyebut bahwa seluruh penyempurnaan dilakukan secara end-to-end mulai dari alur kendaraan, evaluasi teknis, hingga pemisahan jalur penumpang.

“Kami memastikan rekayasa teknis dan operasional diimplementasikan untuk mendukung kelancaran perjalanan, terutama saat volume penumpang memuncak di periode Nataru,” kata Windy.

Windy juga mengimbau pengguna Ferizy untuk pesan tiket sejak H-60 hingga H-1 agar lebih fleksibel memilih jadwal dan menghindari antrean.

Dengan hadirnya layanan Express di dua dermaga, ASDP optimistis arus kendaraan di lintasan Merak–Bakauheni akan lebih lancar meski menghadapi lonjakan penumpang akhir tahun. Sistem baru ini diharapkan dapat menghadirkan pengalaman menyeberang yang lebih cepat, aman, dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *