ABNnews – LRT Jabodebek resmi genap berusia dua tahun dan terus mencatat tren positif sebagai moda transportasi modern pilihan masyarakat.
Hingga 24 September 2025, LRT Jabodebek sudah melayani 45,8 juta pelanggan, angka yang menunjukkan kuatnya kepercayaan publik terhadap layanan KAI Group di kawasan Jabodetabek.
Sebagai bagian dari strategi besar KAI Group membangun transportasi massal terintegrasi, LRT Jabodebek memperkuat konektivitas dengan berbagai moda.
Stasiun Halim yang terkoneksi dengan kereta cepat Whoosh mencatat lebih dari 1 juta pelanggan tap in dan 831 ribu tap out. Stasiun Cikoko yang terhubung Commuter Line melayani 3,6 juta tap in dan 3,7 juta tap out. Sedangkan Stasiun BNI City, simpul integrasi dengan Commuter Line dan MRT Jakarta, mencatat 7,4 juta tap in sepanjang Agustus 2023–September 2025.
Tren positif ini juga tampak pada moda transportasi lain di bawah KAI Group. Layanan Whoosh mencatat 4,05 juta pelanggan pada Januari–Agustus 2025, tumbuh 5,52% dibanding periode sama tahun lalu. Sementara Commuter Line Jabodetabek melayani 226,7 juta pelanggan, naik dari 214,2 juta di 2024.
Dalam momentum HUT ke-2 bertajuk LRT 2Grow: Every Ride, Levels You Up!, KAI Group meluncurkan identitas baru LRT Jabodebek berupa maskot Reno dan tagline “Transportasi Cerdas, Mobilitas Tanpa Batas” di Plaza Stasiun LRT Ciracas, Kamis (25/9/2025).
Reno, hasil karya desainer Giant Tahta Pahlawan, tampil sebagai figur humanoid modern yang ramah, semangat, dan futuristik. Namanya diambil dari akronim tRain attENdant is my herO, merepresentasikan peran Train Attendant sebagai garda terdepan pelayanan.
Sementara tagline karya Achmad Afinandi dipilih untuk mempertegas visi LRT Jabodebek sebagai moda transportasi cerdas, ramah lingkungan, sekaligus mendukung gaya hidup modern masyarakat perkotaan.
VP Public Relations KAI, Anne Purba, menegaskan inovasi ini sejalan dengan tema HUT ke-80 KAI: Semakin Melayani.
“LRT Jabodebek adalah wajah masa depan transportasi perkotaan. Integrasi dengan Whoosh, Commuter Line, MRT, dan TransJakarta membuktikan strategi KAI membangun ekosistem mobilitas efisien. Kehadiran Reno dan tagline baru menjadi semangat baru agar LRT makin dekat di hati pelanggan,” jelas Anne.
Dengan capaian dan inovasi tersebut, LRT Jabodebek terus bertransformasi menjadi transportasi publik masa depan—sehat, efisien, dan berkelanjutan.
“Semangat baru ini mempertegas peran KAI dalam menjawab tantangan mobilitas perkotaan dan membawa masyarakat menuju masa depan transportasi publik yang cerdas,” tutup Anne.