banner 728x250

InJourney Airports Borong 27 Penghargaan Bergengsi ASQ Awards dari ACI

Foto dok PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports)

ABNnews – Sehari setelah hari jadi yang pertama, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) resmi menerima 27 penghargaan prestisius Airport Service Quality (ASQ) Awards dari Airports Council International (ACI).

Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan ACI Airport Experience Summit 2025 yang digelar di Guangzhou, China, pada 10 September 2025. ACI sendiri merupakan organisasi kebandarudaraan dunia yang menaungi 2.181 bandara di 170 negara, menjadikan ASQ Awards sebagai salah satu tolok ukur tertinggi di industri kebandarudaraan global. Sebelumnya, ACI telah mengumumkan para peraih penghargaan ini pada Maret lalu.

ASQ Awards itu diberikan atas keberhasilan 10 bandara InJourney Airports dalam menghadirkan customer experience berkelas dunia bagi penumpang pesawat dan pengguna jasa bandara.

Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi mengatakan, “ASQ Awards secara resmi kami terima satu hari setelah InJourney Airports berusia 1 tahun, sehingga menjadi tambahan energi penyemangat bagi kami untuk terus melayani sepenuh hati, serta untuk menghadirkan customer experience yang lebih baik di seluruh bandara. Penghargaan ini menjadi cerminan dari keberhasilan transformasi yang kami lakukan.”

“Pencapaian ini juga berkat dukungan dari stakeholder, penumpang pesawat, pengguna jasa bandara, akademi, komunitas, pemerhati industri aviasi, insan media dan masyarakat luas. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam melakukan perbaikan serta peningkatan pelayanan di bandara,” ujar Mohammad R. Pahlevi.

Bandara-bandara peraih ASQ Awards tersebut adalah Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Soekarno-Hatta Tangerang, I Gusti Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, SAMS Sepinggan Balikpapan, Sultan Hasanuddin Makassar, Pattimura Ambon, Supadio Pontianak, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Ahmad Yani Semarang.

Pencapaian ini juga merupakan bentuk pengakuan dari dunia internasional atas transformasi InJourney Airports di bandara-bandara yang dikelolanya.

Mohammad R. Pahlevi menuturkan, “Transformasi bandara kami lakukan sejak InJourney Airports lahir, dengan 2 bandara sebagai pilot project yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Transformasi ini masih terus berlanjut untuk menjadikan bandara sebagai wajah kebanggaan bangsa.”

Penumpang pesawat dan pengguna jasa bandara kini dapat merasakan perubahan yang lebih baik di 2 bandara pilot project transformasi tersebut.

Di Bandara Soekarno-Hatta kini telah dioperasikan Terminal Khusus Haji dan Umrah 2F yang dilengkapi berbagai fasilitas terkini untuk mendukung perjalanan ibadah. Terminal 1C juga kembali dioperasikan setelah revitalisasi dengan interior baru yang memadukan modernitas dan kearifan budaya nusantara. Adapun Terminal 3 memiliki wajah baru berkonsep hutan tropis.

Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai dilengkapi dengan bangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang estetis dan megah untuk menghubungkan gedung terminal dengan gedung parkir kendaraan bermotor. Di area bangunan JPO terdapat titik penjemputan yang didesain sangat nyaman. Terminal penumpang juga ditata ulang dan dipercantik dengan menambahkan nuansa hijau dan corak arsitek khas Bali.

Transformasi serupa juga berjalan di bandara-bandara lainnya, sehingga bandara InJourney Airports berhasil meraih 27 penghargaan ASQ Awards

ASQ Awards merupakan program penilaian global paling komprehensif dan terpercaya di industri penerbangan untuk customer experience di bandara. Program ini melakukan survei terhadap traveler di bandara-bandara seluruh dunia.

Berikut 10 bandara InJourney Airports yang berhasil meraih 27 penghargaan ASQ Awards kali ini:

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta
– Best Airport over 40 Million Passengers in Asia-Pacific

2. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai
– Best Airport of 15 to 25 Million Passengers in Asia-Pacific

3. Bandara Internasional Juanda
– Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
– ACI World Director General’s Roll of Excellence
– Easiest Airport Journey in Asia-Pacific
– Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific
– Cleanest Airport in Asia-Pacific

4. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
– Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
– Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
– Easiest Airport Journey in Asia-Pacific
– Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific
– Cleanest Airport in Asia-Pacific
– Best ASQ Awards in all 5 Departure Categories

5. Bandara Internasional SAMS Sepinggan
– Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
– Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
– Easiest Airport Journey in Asia-Pacific
– Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific
– Cleanest Airport in Asia-Pacific
– Best ASQ Awards in all 5 Departure Categories

6. Bandara Internasional Yogyakarta
– Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific

7. Bandara Internasional Supadio
– Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific

8. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II
– Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific
– Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
– Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific

9. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani
– Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific
– ACI World Director General’s Roll of Excellence

10. Bandara Internasional Pattimura
– Best Airport under 2 Million Passengers in Asia-Pacific

Edit berita tersebut dari awal paragraf dan seterusnya dengan menggunakan gaya ala detik.com. Berikan 5 rekomendasi judul yang lebih sensasional ala media online clickbait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *