banner 728x250

Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Layani Hampir 5 Juta Penumpang dalam 4 Hari!

Foto dok PT KAI

ABNnews – Perjalanan kereta api kembali jadi pilihan utama masyarakat di momen libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, sepanjang 4–7 September 2025, ada 785.948 pelanggan yang memanfaatkan layanan KA jarak jauh, menengah, dan lokal.

Angka tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kereta api makin tinggi sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu. Rata-rata keterisian kursi (okupansi) bahkan tembus 119,04%.

Pada 4 September, jumlah penumpang mencapai 192.311 orang (117,35%), 5 September 190.758 orang (115,85%), 6 September 175.184 orang (106,19%), dan puncaknya 7 September dengan 227.695 orang (136,56%).

Angka okupansi di atas 100% ini mencerminkan pola perjalanan dinamis, di mana penumpang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan perjalanan liburnya bersama KAI. Selama empat hari libur panjang ini, ratusan ribu pelanggan dapat kami layani dengan selamat, aman, dan nyaman. Bahkan hari ini, 8 September 2025, masih ada 127.621 tiket yang terjual. Kepadatan di sejumlah stasiun utama juga masih tinggi,” ujar Anne, Senin (8/9/2025).

Tak hanya KA jarak jauh, seluruh layanan KAI Group juga kebanjiran penumpang. Total ada 4.948.376 pelanggan yang terlayani sepanjang 4–7 September 2025. Rinciannya:
* KAI Commuter: 3.731.124 pelanggan (Jabodetabek, Bandara Soekarno-Hatta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya)

* KAI Bandara: 84.942 pelanggan (KA Srilelawangsa 48.101, KA YIA 36.841)

* KAI Wisata: 3.483 pelanggan (KA Panoramic dan KA Wisata lainnya)

* LRT Sumsel: 53.899 pelanggan

* LRT Jabodebek (GoA 3): 209.655 pelanggan

* Whoosh Kereta Cepat Jakarta–Bandung: 74.769 pelanggan

* KA Makassar–Parepare: 4.556 pelanggan


Untuk KA jarak jauh, pusat mobilitas terbesar ada di Stasiun Pasar Senen dengan 61.079 keberangkatan dan 59.211 kedatangan. Disusul Stasiun Yogyakarta (56.690 keberangkatan, 55.291 kedatangan), Stasiun Gambir (47.891 keberangkatan, 49.815 kedatangan), Stasiun Semarang Tawang (34.968 keberangkatan, 34.599 kedatangan), dan Stasiun Surabaya Gubeng (29.842 keberangkatan, 32.728 kedatangan).

Anne menambahkan, untuk menyemarakkan tingginya animo masyarakat sekaligus merayakan ulang tahun KAI ke-80, pihaknya menghadirkan promo spesial tiket KA jarak jauh.

“Kami memberikan potongan harga 20% untuk tiket KA jarak jauh sebagai bentuk apresiasi. Promo ini berlaku untuk pembelian melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, dan mitra resmi lainnya. Dengan promo ini, kami berharap masyarakat bisa bepergian lebih mudah dengan harga terjangkau, sekaligus ikut merayakan momen ulang tahun KAI,” tutup Anne.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *