banner 728x250

Telkom Bangun Pusat AI Nasional, Bisa Deteksi 130 Ribu Serangan Siber Tiap Bulan!

Direktur Enterprise & Business Service Veranita Yosephine (kiri) dan Direktur IT Digital Telkom Faizal R. Djoemadi (kanan) saat acara peluncuran Telkom Artificial Intelligence (AI) Center of Excellence (CoE) di Bali pada, Kamis (28/8). Foto dok Telkom

ABNnews – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi meluncurkan Telkom Artificial Intelligence (AI) Center of Excellence (CoE) yang didukung oleh Telkom Solution. Acara peresmian digelar di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Kamis (28/8).

Peluncuran dilakukan langsung oleh Direktur IT Digital Telkom Faizal R. Djoemadi dan Direktur Enterprise & Business Service Veranita Yosephine. Inisiatif ini diklaim sebagai langkah strategis Telkom untuk mendorong digitalisasi nasional yang memberi manfaat bagi masyarakat dan perekonomian.

Telkom AI CoE hadir sejalan dengan arahan Presiden mengenai reformasi digital, yang menekankan pemanfaatan kecerdasan buatan demi efisiensi dan daya saing bangsa.

Faizal menegaskan, AI CoE akan jadi motor penggerak transformasi digital di pemerintahan maupun industri.

“Kami yakin Telkom AI CoE mampu menjadi pusat pengembangan, kolaborasi, sekaligus implementasi AI untuk memberi manfaat positif bagi masyarakat serta perekonomian bangsa,” ujar Faizal.

4 Pilar AI CoE

Telkom merancang AI CoE secara holistik dengan empat pilar program:
* AI Campus: wadah kolaborasi dengan perguruan tinggi,

* AI Playground: ruang riset praktis,

* AI Connect: harmonisasi praktisi, startup, hingga pelaku bisnis,

* AI Hub: penciptaan solusi nyata lintas industri.


Salah satu wujud nyata pemanfaatan AI adalah AI BigBox, platform AI unggulan Telkom. BigBox telah membantu berbagai institusi, perusahaan, dan UMKM meningkatkan produktivitas.

Teknologinya mencakup analytics, machine learning, large language models (LLM), hingga natural language processing (NLP). Chatbot BigBox bahkan sanggup memproses lebih dari 300 ribu percakapan per jam.

Tak hanya itu, AI BigBox juga sudah mendeteksi lebih dari 130 ribu serangan siber setiap bulan, serta dimanfaatkan untuk e-KYC (electronic Know Your Customer) agar verifikasi identitas pelanggan lebih efisien.

Dengan kehadiran AI CoE, Telkom berkomitmen memperkuat kapabilitas digital, infrastruktur AI, serta inovasi berkelanjutan.

“Telkom berambisi menjadikan Indonesia lebih cerdas, inovatif, dan kompetitif di era digital,” tegas Faizal.

Telkom menegaskan, AI CoE akan menjadi akselerator utama transformasi digital Indonesia. Lewat inisiatif ini, Telkom terus mendukung pertumbuhan ekonomi digital berkelanjutan di Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *