banner 728x250

Terminal 1C Soetta Resmi Dibuka Lagi, Kapasitas Melejit 2 Kali Lipat!

Foto dok Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

ABNnews – Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali beroperasi pada Jumat (22/8/2025) setelah rampung menjalani proses revitalisasi. Dengan wajah baru ini, kapasitas layanan penumpang melejit dari semula 3 juta menjadi 8 juta orang per tahun.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Lukman F. Laisa, mengatakan pengoperasian kembali Terminal 1C merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan bandara secara berkelanjutan.

“Revitalisasi dilakukan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik bagi penumpang. Kami pastikan operasional terminal berjalan sesuai standar dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” ujarnya.

Revitalisasi Terminal 1C yang dikoordinir oleh Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama ini meliputi peremajaan peralatan utama, utilitas, jaringan mekanikal–elektrikal–elektronikal (MEE), hingga penyegaran interior terminal.

Selain kapasitas yang meningkat signifikan, Terminal 1C kini menghadirkan layanan berbasis teknologi dan otomatisasi untuk mempercepat proses keberangkatan maupun kedatangan penumpang. Konsep operasi baru juga diterapkan guna meningkatkan kenyamanan dan pengalaman perjalanan secara keseluruhan.

Pada hari pertama operasional, Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan dari Terminal 1C, dengan rute Jakarta–Solo, Jakarta–Yogyakarta, Jakarta–Surabaya, hingga Jakarta–Semarang. Semua penerbangan berjalan lancar dengan dukungan fasilitas shuttle bus, boogeycar, serta petugas pengarah di lapangan.

“Dengan kembali beroperasinya Terminal 1C, kapasitas layanan di Bandara Soekarno-Hatta semakin meningkat. Ini bagian dari komitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, cepat, dan efisien bagi masyarakat,” tambah Lukman.

Ditjen Perhubungan Udara berharap revitalisasi semacam ini bisa terus dilakukan di berbagai bandara di Indonesia, sehingga pertumbuhan industri penerbangan nasional dapat sejalan dengan peningkatan kualitas layanan bagi seluruh pengguna jasa transportasi udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *