ABNnews – Di balik hamparan perbukitan hijau Priangan Timur, berdiri Stasiun Nagreg yang ternyata menyimpan fakta unik. Stasiun ini tercatat sebagai stasiun aktif tertinggi di Indonesia, berada di ketinggian +848 mdpl.
Bukan hanya itu, Stasiun Nagreg juga punya sejarah panjang. Diresmikan pada tahun 1890, artinya tahun ini usianya genap 135 tahun.
Sejak berdiri, stasiun ini jadi saksi bisu perjalanan panjang perkeretaapian Indonesia, khususnya dalam menaklukkan jalur menanjak dan berkelok khas pegunungan Jawa Barat.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan Stasiun Nagreg punya daya tarik tersendiri.
“Selain lingkungannya yang asri dan tenang, Stasiun Nagreg menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang indah. Setiap hari stasiun ini dilintasi 38 kereta reguler dengan rata-rata 2.599 penumpang per bulan, mayoritas masyarakat lokal. Fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai boarding, peron, ruang tunggu, toilet bersih, hingga mushala,” kata Anne, Sabtu (16/8/2025).
Stasiun kecil ini tak sekadar melayani warga sekitar. Lokasinya yang strategis menjadikan Nagreg sebagai simpul penting mobilitas pekerja maupun wisatawan. Dari sini, penumpang bisa memanfaatkan KA Lokal Purwakarta–Garut PP dan Cibatu–Padalarang PP. Tak jarang, Nagreg juga jadi titik singgah wisatawan yang hendak menuju destinasi populer seperti Kawah Putih dan Ciwidey.
Jadwal KA Lokal Lintas Nagreg
Dari arah timur (Garut–Cibatu) menuju Bandung:
* Commuter Line Garut (391) Cibatu–Padalarang: tiba 05.59, berangkat 06.01
* Commuter Line Garut (351) Garut–Padalarang: tiba 06.59, berangkat 07.34
* Commuter Line Garut (349) Garut–Purwakarta: tiba 13.21, berangkat 13.23
Dari arah barat (Purwakarta–Bandung) menuju Garut/Cibatu:
* Commuter Line Garut (348) Purwakarta–Garut: tiba 08.55, berangkat 08.57
* Commuter Line Garut (350) Purwakarta–Garut: tiba 20.21, berangkat 20.28
* Commuter Line Garut (378) Padalarang–Cibatu: tiba 22.37, berangkat 22.39
Saat ini KAI mengoperasikan lebih dari 600 stasiun di Jawa dan Sumatera, dengan fungsi beragam mulai dari layanan penumpang, barang, hingga persilangan kereta. Meski kecil, stasiun seperti Nagreg tetap jadi simpul vital yang menjaga konektivitas dan mobilitas masyarakat di berbagai daerah.
Untuk kemudahan perjalanan, tiket bisa dibeli lewat aplikasi Access by KAI. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan memesan tiket kapan saja, mengecek jadwal real-time, memilih kursi, hingga mendapatkan info promo terbaru.
Informasi lebih lanjut soal jadwal, tarif, dan pemesanan tiket bisa melalui Contact Center 121, telepon (021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau kanal resmi media sosial KAI.