ABNnews – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menghadirkan pengalaman liburan yang tak hanya seru, tapi juga edukatif bagi anak-anak di Kidzania, Mall Pacific Place SCBD Jakarta, mulai hari ini, Selasa (1/7). Anak-anak bisa mencoba langsung berbagai peran penting dalam dunia perkeretaapian—seperti petugas loket, PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api), masinis, dan masih banyak lagi.
Wahana ini memberi kesempatan bagi anak-anak untuk merasakan pengalaman seperti petugas KAI sesungguhnya. Mereka bisa mencoba simulator lokomotif, belajar face recognition untuk boarding tiket, hingga mengenakan seragam petugas kereta api. Semua dirancang untuk menumbuhkan minat terhadap dunia transportasi sejak dini.
“KAI ingin menanamkan pemahaman bahwa transportasi publik, khususnya kereta api, sangat vital bagi kehidupan sehari-hari. Dengan edukasi sejak dini, diharapkan generasi muda dapat lebih menghargai dan memilih moda transportasi yang aman dan ramah lingkungan,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
Mengincar Generasi Alpha: Kenalkan Kereta Sejak Dini
KAI juga melihat bahwa edukasi ini penting untuk menjalin koneksi emosional dengan Generasi Alpha (2010-sekarang) yang kini sudah mencakup 7,59% dari total pelanggan. Menurut data KAI, pelanggan mereka didominasi oleh Generasi Z (33,97%) dan Generasi Y (32,12%).
“KAI berupaya menyapa Generasi Alpha dengan pendekatan yang edukatif dan imajinatif. Ini sejalan dengan upaya kami untuk menghadirkan perjalanan kereta api yang lebih personal dan digital-friendly,” tambah Anne.
Diskon 30% Tiket Kereta Api, Mobilitas Libur Sekolah Semakin Mudah!
Tak hanya edukasi, KAI juga memberikan diskon tiket 30% untuk kereta ekonomi komersial selama liburan sekolah. Program ini, yang dimulai pada 5 Juni 2025, telah menarik 1.966.682 tiket terjual hingga 1 Juli 2025, dengan okupansi mencapai 56%.
Pelanggan antusias menggunakan layanan kereta api yang aman, efisien, dan terjangkau untuk liburan keluarga. Program diskon ini juga menjadi bagian dari kontribusi KAI mendukung Asta Cita Pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah dan mendorong ekonomi lokal.
Untuk kemudahan pelanggan, tiket bisa dipesan melalui aplikasi Access by KAI dan situs resmi booking.kai.id. KAI juga mengimbau agar pelanggan merencanakan perjalanan lebih awal untuk mendapatkan jadwal dan tarif terbaik.
“Transportasi publik bukan hanya soal mobilitas, tapi juga sarana membentuk karakter dan menyatukan Indonesia,” tutup Anne.