ABNnews – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang selama libur panjang Iduladha dan cuti bersama 5–9 Juni 2025. Hingga Minggu (8/6) pukul 09.15 WIB, tiket yang terjual mencapai 862.370 dari 850.829 kursi yang disediakan—setara 101% okupansi.
“Kondisi ini menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi moda transportasi favorit masyarakat, terlebih saat momen libur panjang,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba, Minggu (8/6/2025).
Anne menyebut, minat tinggi ini memperlihatkan peran strategis kereta api sebagai solusi mobilitas yang aman, nyaman, dan efisien. Tak hanya itu, kereta api juga berkontribusi dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi lokal.
Berikut daftar 10 kereta api dengan jumlah penumpang terbanyak selama periode 5–9 Juni:
– KA Airlangga (Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi): 11.159 pelanggan
– KA Airlangga (Surabaya Pasar Turi–Pasar Senen): 10.678 pelanggan
– KA Sri Tanjung (Lempuyangan–Ketapang): 7.730 pelanggan
– KA Sri Tanjung (Ketapang–Lempuyangan): 7.724 pelanggan
– KA Joglosemarkerto (Solo–Semarang–Purwokerto–Solo): 6.992 pelanggan
– KA Matarmaja (Pasarsenen–Malang): 6.960 pelanggan
– KA Matarmaja (Malang–Pasarsenen): 6.925 pelanggan
– KA Kahuripan (Kiaracondong–Blitar): 6.763 pelanggan
– KA Bengawan (Pasarsenen–Purwosari): 6.667 pelanggan
– KA Kahuripan (Blitar–Kiaracondong): 6.592 pelanggan
Okupansi Harian Kereta Api Jarak Jauh (KJJ):
– 5 Juni: 218.666 pelanggan dari 168.043 kursi (130%)
– 6 Juni: 153.070 pelanggan dari 169.633 kursi (90%)
– 7 Juni: 149.797 pelanggan dari 170.605 kursi (88%)
– 8 Juni: 181.969 pelanggan dari 171.283 kursi (106%)
– 9 Juni: 158.868 pelanggan dari 171.265 kursi (93%)
Secara total, KA Jarak Jauh mengangkut 740.111 pelanggan dari 710.308 kapasitas (104%), sedangkan KA Lokal mencatat 122.259 pelanggan dari 140.521 kapasitas (87%).
Diskon 30% untuk Penumpang KA Ekonomi
Sebagai bentuk apresiasi, KAI memberikan potongan harga 30% untuk perjalanan KA Ekonomi non subsidi (non-PSO) hingga 31 Juli 2025. Promo ini berlaku untuk lebih dari 100 perjalanan dan bisa dipesan melalui aplikasi Access by KAI atau situs booking.kai.id.
“Kami terus mengedukasi masyarakat untuk beli tiket hanya lewat kanal resmi, demi hindari calo dan jaminan keamanan transaksi,” tegas Anne.
KAI menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan transportasi publik modern yang memperkuat konektivitas nasional, sekaligus mendukung pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.