ABNNews – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menembus pasar global. Terbaru, BRI mendukung dua UMKM kopi binaannya untuk berpartisipasi dalam ajang bergengsi Specialty Coffee Expo 2025 yang digelar pada 25–27 April 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat.
Dua UMKM terpilih—Ci Kopi Mang Eko asal Jawa Barat dan Caldera Coffee dari Sumatera Utara difasilitasi untuk tampil dalam Paviliun Indonesia. Kolaborasi ini melibatkan Kantor Perwakilan BRI New York dan KBRI Washington DC melalui Atase Perdagangan, yang menyediakan booth mandiri bagi masing-masing UMKM untuk memperkenalkan produk kopi unggulan kepada pasar internasional.
“BRI senantiasa mendorong UMKM untuk naik kelas dan mampu bersaing secara global. Melalui partisipasi dalam ajang internasional seperti Specialty Coffee Expo, kami ingin memperluas akses pasar sekaligus memperkenalkan kekayaan cita rasa kopi Indonesia ke dunia,” ujar Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi.
Specialty Coffee Expo merupakan pameran tahunan terbesar industri kopi spesialti yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association (SCA). Tahun ini, acara tersebut diikuti oleh lebih dari 600 peserta pameran dari berbagai negara dan menjadi ajang pertemuan para pelaku industri—mulai dari pemanggang kopi, importir, hingga profesional F&B.
Agenda acara mencakup lebih dari 60 sesi edukatif dan 20 lokakarya yang membahas topik-topik strategis seperti inovasi produk, teknologi terbaru, dan keberlanjutan dalam industri kopi. Berbagai program unggulan seperti Roaster Village, Cupping Exchange, hingga Coffee Design Awards juga turut menjadi daya tarik utama.
Kedua UMKM binaan BRI tidak hanya memamerkan produk kopi terbaik, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam sesi cupping dan lokakarya. Mereka berhasil membangun jaringan dengan pelaku industri global serta mencatatkan potential deal dengan total nilai mencapai USD 945.000.
Capaian tersebut menjadi indikator kuat atas daya saing kopi Indonesia yang semakin diminati di pasar internasional, khususnya di Amerika Serikat—salah satu pasar kopi terbesar dunia.
Baik Ci Kopi Mang Eko maupun Caldera Coffee merupakan alumni program pemberdayaan UMKM EXPO(RT) BRI. Program ini tidak hanya memberikan akses pembiayaan, tetapi juga pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi akses pasar domestik hingga global.
Keterlibatan mereka di ajang ini menjadi bukti keberhasilan BRI dalam membangun ekosistem UMKM yang terintegrasi dan berkelanjutan.